Kamis, 21 Februari 2013

5 TINGKATAN IMAN DAN CARA MEMPERBAHARUI IMAN

5 tingkatan iman dan cara memperbaharui iman


menurut keterangan hadist nabi saw bersabda," perbaruilah(perbaikilah) iman kalian dengan memperbanyak membaca kalimat LAA ILAAHA ILLALLAH."

kenapa nabi saw memerintahkan kita umatnya yang mengaku beriman kepada alloh  dan hari akhir harus memperbanyak membaca kalimat iman,kalimat tauhid,kalimat ikhlas,sebab iman menurut para ulama terbagi menjadi 5 tingkatan

ada sebagian ulama yang menjelaskan bahwa iman dibagi menjadi 5 tingkatan (bagian)diantaranya:
  1. tingkatan iman pertama di sebut dengan iman ilathitsu yaitu iman yang dimiliki oleh para malaikat.dimana tingkatan iman ini tidak pernah berkurang dan tidak pula bertambah.
  2. tingkatan iman kedua di sebut dengan iman ma'sum yaitu iman yang di miliki oleh para nabi dan rasul alloh.dimana tingkatan iman ini tidak pernah berkurang dan selalu bertambah ketika wahyu datang kepadanya.
  3. tingkatan iman ketiga di sebut dengan iman makbul yaitu iman yang dimiliki oleh muslimin dan muslimat.diman iman tingkatan ini selalu bertambah jika mengerjakan amal kebaikan(soleh) dan akan berkurang jika melakukan maksiat(amal salah).
  4. tingkatan iman keempat di sebut dengan iman maohuf yaitu yaitu iman yang di miliki olah ahli bid'ah.yaitu iman yang di tangguhkan dimana jika berhenti melakukan perbuatan bid'ah maka iman akan di terima.diantaranya kaum rafidhoh atau dukun,ahli sihir,dan yang sejenisnya.
  5. tingkatan iman kelima di sebut dengan iman mardud yaitu iman yang di tolak.dimana iman ini yang di miliki oleh orang-orang musyrik,murtad dan kafir dan yang sejenisnya.   


sumber : http://petualang-web.blogspot.com/2012/04/5-tingkatan-iman-dan-cara-memperbaharui.html#ixzz2LbKKMy75

0 komentar:

Posting Komentar